Rabu, 07 Juni 2017

Persiapan Kerja diatas Kapal

Sebagai seorang Electrician / ETO yang akan bekerja diatas Kapal ada baiknya jika kita melakukan persiapan - persiapan yang memudahkan kita dalam melaksanakan tugas dengan membawa peralatan kerja pribadi yakni :
- pocket digital multi tester
- pocket analog multi tester
- watch screwdriver set
- plier
- Soldering Iron set

Dengan begitu proses kerja kita akan terbantu , karena dengan adanya memiliki peralatan pribadi kita bisa bekerja disetiap waktu dan kapan saja saat dibutuhkan .

Disaat berada diatas kapal pertama kali , anda tidak perlu khawatir dengan kondisi dan kemampuan kita dalam berfamiliarisasi  dengan suasana baru yang kita temui saat ini.

Disini saya akan memberikan panduan tentang bagaimana dengan cepat kita berfamiliarisasi di kapal baru yang kita tempati :

- Fire Plan
  Perhatikan gambar fire plan yang terpasang di dinding. Walaupun sebagai gambar tentang penempatan alat-alat pemadam kebakaran , sensor proteksi kebakaran , tetapi disana digambarkan secara detail posisi dan penempatan equipment benda - benda diatas kapal secara global . Jadi sangat mudah jika kita mencari suatu benda dalam sistem dikarenakan ditampilkan per lantai dengan jelas dari Tank Top hingga Wheel House . Tinggal kita sesuaikan dengan detail gambar yang kita miliki dengan kondisi yang ada.

- File Dokumen
  Perhatikan semua file dokumen yang ada diatas kapal , baik Softcopy maupun Hardcopy yang membantu kita menangani troubleshooting setiap masalah yang ada.
Dokumen tersebut antara lain :
Electrical Drawing, Instruction Manual Book, Report Documents, Spare Part Inventory and Tools Data. Handover Letter, dan lain- lainnya.

- Inventory Parts Store, Electrical Tools dan  Electrical Workshop.
Yang harus kita perhatikan juga adanya spare part , alat dan tempat kerja kita,  jika tidak memiliki tempat kerja tidaklah mengapa namun peralatan dan spare part yang kita miliki hendaknya harus kita perhatikan betul karena hal inilah yang membuat kita dapat melakukan segala aktifitas dengan lancar.

- Pengecheckan atau pemeriksaan semua lokasi Electrical Panel diatas Kapal.
MSB, ESB serta panel distribusi Power dan Lighting juga Starter Panel sangatlah penting agar disaat terjadi kerusakan atau kegagalan sistem kita bisa dengan cepat mengatasinya.

- Black Out prosedur.
Adalah hal yang terpenting untuk merecovery kegagalan Power Sistem diatas kapal yang harus dipahami oleh seorang Electrician / ETO diatas kapal yang tentunya sudah ada SOP disetiap Kapal.

-  Pelaksanaan LOTOTO
Sudah menjadi kewajiban kita bahwa Log Out , Tag Out , serta Try Out selalu kita lakukan dalam setiap sebelum dan sesudah melakukan suatu pekerjaan . Karena Keselamatan adalah tujuan utama dalam kita bekerja.

Demikian Penjelasan tentang Persiapan kerja diatas Kapal yang nantinya akan memudahkan kita sebagai seorang Electrician / ETO bekerja secara Profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar